KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) I 2023 PENDIDIKAN SEJARAH UNTIRTA : SUKU BADUY, LEBAK, BANTEN

Diposting pada

Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta, pada tanggal 29-30 Mei 2023 telah melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan I (KKL I) di Baduy, Lebak, Banten. Peserta KKL ini yaitu mahasiswa dari semester 2 yang terdiri sebanyak 62 mahasiswa dan 5 tenaga pendidik jurusan pendidikan sejarah. Kegiatan KKL ini merupakan bagian dari mata kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Untirta. Kegiatan KKL I bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengalaman kepada para mahasiswa pendidikan sejarah secara langsung sehingga dapat dipelajari dengan secara mendalam. Adapun tema dari KKL I ini adalah “Kerajinan Potensi Ekonomi dan Kekayaan Baduy”. Pada kegiatan ini mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok dengan kajian kerajinan suku baduy yang berbeda-beda, seperti Kerajinan Tas Koja, Kain Tenun Baduy, Manik-Manik Baduy, dan Madu Baduy.

Proses pemberangkatan dimulai dari hari Senin, 29 Mei 2023. Dengan titik kumpul pemberangkatan di Kampus C FKIP Untirta. Rombongan mahasiswa pendidikan sejarah berangkat pukul 04.30 WIB dengan rombongan 4 mobil elf menuju Terminal Ciboleger. Dari Terminal Ciboleger rombongan berjalan menuju kampung Gajeboh Baduy selama kurang lebih 3-4 jam. Sesampainya di Baduy, pada hari pertama hanya pembagian tempat tinggal dan eksplore wilayah sekeliling tempat singgah.

Selasa, 30 Mei 2023 para mahasiswa mulai melakukan kegiatan mengenali kerajinan Suku Baduy dan mempelajari proses pembuatannya seperti menenun kain, membuat tas koja, membuat manik-manik, dan membuat Madu Baduy. Setelah menyelesaikan kegiatan pengenalan kerajinan Suku Baduy, mahasiswa bersiap untuk persiapan pulang. Sebelum pulang rombongan mahasiswa melakukan pertemuan dengan dengan Jaro Saija atau Kepala Desa Suku Baduy. Setelah pertemuan tersebut mahasiswa kembali pulang menuju FKIP Untirta dan kembali kerumah masin-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.